Cara Menghindari Alergi Makanan Pada Anak

Posted by

Alergi pada anak
Cara Menghindari Alergi Makanan Pada Anak - Alergi makanan terjadi apabila zat yang menyebabkan alergi (alergen ) masuk ke dalam tubuh anak sehingga sistem kekebalannya bereaksi dengan melepaskan sebagian bahan kimia yang biasa di sebut histamin. Histamin inilah yang menyebabkan alergi, seperti gatal-gatal di sekitar mulut atau pembengkakan bibir, hidung meler, nyeri perut, mual, ruam ataupun sesak nafas.

Alergi makanan biasanya terjadii pada anak yang berusia lebih dari 4 tahun. Alergi ini biasanya akan terjadi jika makanan yang mengandung alergen termakan oleh sang anak.

Dengan demikian alergi bisa di definisikan sebagai suatu respon kekebalan yang terjadi setelah mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

beberapa jenis alergi pada anak

Bahan makanan yang dapat menimbulkan alergi di anataranya susu formula, ikan laut, seafood, telur dan kacang-kacangan. alergi susu sapi dan telur biasanya akan menghilang dengan bertambahnya usia anak. Akan tetapi alergi kacang-kacangan biasanya baru bisa menghilang ketika sang anak beranjak deewasa.

Beberapa sebab alergi pada anak

Faktor-faktor yang menimbulkan alergi makanan pada anaka yaitu faktor genetik, faktor ekonomi dan pengenalan makanan terlalu dini. Selain itu semua alergi makanan pada anak bisa juga di sebabkan oleh :
  1. Polusi lingkungan serta rendahnya asupan anti oksidan serta vitamin.
  2. Pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumsii junk food.
  3. Sistem kekebelan anak yang kurang berfungsi dengan baik karena orang tua terlalu berobsesi untuk menjaga kebersihan sehingga terlalu melindungi anak dari kumann dan penyakit.
Tanda-tanda alergi pada anak

Beberapa cara untuk Menghindarkan alergi makanan pada anak
  • Berhati-hatilah ketika mengenalkan makanan pada anaka karena sistem kekebalan dan pencernaan belum berfungsi secara optimal sehingga sensitif terhadap makanan tertentu.
  • Pada anaka yang memasuki usia 6 bulan, sebaiknya di tunda dulu pemberian makanan seperti seafood, ikan dan buah-buahan sitrus. Adapun pemberian telur di tunda dulu sampai anak berusia 1 tahun (jika ada riwayat alergi)
  • Berikan ASI eksklusif sampai si kecil berusia4-6 bulan karena pemberian ASI eksklusif dapat mencegah timbulnya alergi.
  • Berikanlah makanan yang kecil kemungkinananya dapat menimbulkan alergi, seperti tepung beras, apel, wortel, daging ayam dan daging sapi.
  • Perkenalkan makanan baru kepada anak secara bertahap sehingga jika alergidapat dengan mudah di ketahui sumbernya.
  • Berilah makanan kepada si anaka secara beragam karena alergi bisa terjadi karena pemberian makanan tertentu secara terus menerus.
  • Jika si kecil ternyata alergi kepada sejenis makanan maka hindarilah makanan tersebut selama 1 bulan. dan jika kemudian gejalanya membaik maka anda bisa memberikan makanan tersebut sedikit demi sedikit.
  • Berikanlah si kecil makanan yang banyak mengandung gizi anti-alergenik dan anti oksidan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Misalnya vitamin C, beta karoten, flavonoid, seng, magnesium dan kalsium.
Terima kasih dan semoga bermanfaat!!

 


Blog, Updated at: 01.40

0 komentar:

Posting Komentar