Arak-arakan Buyut Gading Desa Gadingan Kecamatan Sliyeg

Posted by

Arak-arakan buyut gading, sliyeg
Arak-arakan Buyut Gading Desa Gadingan Kecamatan Sliyeg - Setiap akhir dari musim kemarau, masyarakat Kecamatan Sliyeg akrab dengan acara "mermule"..yaitu acara pesta rakyat atau haul dari orang yang di tuakan oleh masyarakat setempat. Mata acara inti dari pesta rakyat ini adalah acara tahlil di makbaroh orang yang di tuakan tersebut. 

Tetapi sebelum sampai dengan acara inti tersebut, biasanya masyarakat mengisinya dengan acara hiburan. Seperti Pementasan Seni Budaya Tarling, Seni Budaya Sandiwara ataupun Pementasan Wayang kulit dan Wayang Golek. Dan pada malam hari H di isi dengan acara Tabligh Akbar dengan mementaskan da'i-da'i kondang.




Untuk Warga Desa Gadingan khususnya blok Buyut Gading, pesta rakyat di blok ini termasuk yang pesta rakyat/mermule paling meriah. Karena Pesta rakyat di Buyut Blok Gading Di isi dengan acara - acara yang cukup menarik. Di samping acara tablig akbar dan pementasan seni budaya, seperti sandiwara dan wayang kulit, di isi juga dengan arak-arakan warga Desa Gadingan yang cukup spektakuler dan expresif.



Warga desa Gadingan pada saat itu tumapah ruah di jalan, berjalan mengelilingi Desa gadingan, Desa Mekargading, Desa Sliyeg, Desa Sliyeg Lor, Desa Majasih dan Desa Majasari. Sambil bernyayi dan menari serta membawa hasil kreasi mereka yang berupa kerajinan tangan dan simbol-simbol profesi mereka sehari-hari. Para generasi muda menbuat kreasi - kreasi yang sangat bagus dan enak di pandang mata.  







Mudah-mudahan acara ini tambah baik pelaksanaannya dari waktu ke waktu dan terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif yang akan mencederai dari tujuan utama dari pesta rakyat itu sendiri.



Terima kasih dan selamat bersenang-senang!!





 


Blog, Updated at: 01.53

0 komentar:

Posting Komentar